memuat gambar...
22 November 2022  
Admin

Piala Dunia 2022, Qatar Bikin Stadion yang Bisa Dibongkar Pasang

TEMPO.COJakarta - Qatar membangun sejumlah stadion baru untuk gelaran Piala Dunia 2022. Di antaranya adalah Stadion 974 (Stadium 974) yang sepenuhnya koncked down alias bisa dibongkar pasang, sehingga bisa nomaden alias berpindah.

Stadion ini memang dibangun menggunakan peti-peti kemas yang biasa ada di pelabuhan dan kerangka baja modular sebagai konstruksi utamanya. Desainnya menarik secara visual sekaligus memastikan efektivitas biaya, mengingat lebih sedikit bahan yang digunakan dibandingkan dengan stadion pada umumnya.

Stadion 974 dengan kapasitas 40 ribu kursi ini akan menggelar tujuh pertandingan Piala Dunia 2022 ini hingga babak 16 besar nanti. Jadwal penggunaan stadion untuk pertandingan Meksiko vs Polandia pada 22 November, Portugal vs Ghana pada 24 November, juara bertahan Prancis vs Denmark pada 26 November, dan salah satu favorit pra-turnamen Brasil vs Swiss pada 28 November.

"Tempat unik ini menghormati tradisi lama perdagangan dan pelayaran dunia Qatar," bunyi deskripsi yang ada. Angka 974 tidak hanya kode panggilan internasional untuk Qatar, tetapi juga jumlah pasti kontainer pengiriman yang digunakan dalam konstruksi. 

"Terletak di area pelabuhan dan pemandangan lanskap kota pesisir Doha, para fan sepakbola Stadion 974 akan merasakan angin sejuk berembus dari Teluk Arab," bunyi tambahan keterangannya.

Stadion 974 adalah konsep arsitektur yang telah memodifikasi peti-peti kontainer yang 'bersarang' dalam konstruksi kerangka baja stadion. Mereka menyediakan ruang-ruang untuk kamar mandi, konsesi, skybox, dan ruang media. Ventilasi alami yang diciptakan melalui desain stadion ini menghilangkan kebutuhan akan mesin penyejuk udara atau AC.

Selain itu, Stadion 974 menjadi satu-satunya stadion yang diposisikan dekat dengan laut. Dia juga akan menjadi stadion pertama yang akan dilihat oleh para pemain dan suporter saat tiba di Qatar untuk mengikuti turnamen, karena kedekatannya dengan Bandara Internasional Hamad.

Kabarnya, stadion ini akan dibongkar untuk dipasang di Maldonado, Uruguay, selepas Piala Dunia 2022 nanti. Dengan catatan, Uruguay, negara Amerika Latin dan menjadi salah satu kekuatan sepakbola dunia itu, memenangi proposal tuan rumah Piala Dunia 2030.

Source: Piala Dunia 2022, Qatar Bikin Stadion yang Bisa Dibongkar Pasang


Related News